Rss Feed
  1. Aprerisasi: NIDJI - Rahasia Hati

    Kamis, 31 Januari 2013

    Sedikit Detail Lagu
    Judul: Rahasia Hati
    Penyanyi: NIDJI
    Album: 5 CM (Original Motion Picture Soundtrack)

    Mendengarkan kreasi band satu ini sebagai lagu pengiring dari film “5 CM” serasa memerkaya soul dari film yang sarat dengan semangat masa muda dan nasionalisme ini. NIDJI seakan bisa mengolah “semangat” film “5 CM” ini menjadi bahan, materi lagu yang sangat enak dinikmati. Setiap momen dalam film yang dihiasi dengan lagu tema bersangkutan serasa lebih terhayati bagi saya yang kebetulan sudah menonton film yang bersangkutan.

    Lagu “Rahasia Hati” sendiri adalah lagu yang seakan menjadi lagu tema dari (sedikit spoiler-bocoran) perasaan spesial diam-diam yang dimiliki tokoh dalam film tersebut. Pertama kali mendengar lagu ini menjadi latar belakang dalam adegan dimana tokoh Riani serta Zafran sedang “menumpahkan” perasaan tak terkatakan mereka di “zona nyaman” mereka masing-masing (baca: privasi dari kamar dan pikiran sendiri), bagi saya kesan yang diciptakan oleh lagu ini adalah sangat indah, yet bittersweet.

    Bagian awal lagu ini saja sudah sangat mampu membangun suasana “sanctuary of mind” yang rasanya membuat saya ingin menghela nafas dan memejamkan mata, hehe. Ya, bagian awal lagu yang saya maksud ini terdengar ketika Giring sang vokalis bahkan belum mulai bernyanyi, masih berupa instrumen yang menyajikan bunyi sederhana yang ketika didengarkan membuat saya menggambarkannya seperti lampu-lampu kota berkelip-kelip yang terlihat dari jendela kaca di ketinggian; setting yang kalau tidak salah, sama dengan adegan di mana Riani sedang melamunkan perasaan diam-diamnya itu, bukan?


    Lalu lagu ini berlanjut dengan lirik yang dinyanyikan dengan artikulasi yang jelas, pemilihan kata-katanya pun tak belibet dan dijaga tetap terasa sederhana tanpa berkesan murahan. Feel yang dari awal sudah terbangun pun semakin terkembangkan dan mendalam dengan atmosfer yang sesuai untuk sebuah perasaan tulus, menggebu, dan tak terkatakan.
    I wanna love you like a hurricane, I wanna love you like the mountain ring; so wild, so pure… so strong and crazy for you.
    Andai matamu melihat aku, terungkap semua isi hatiku…
    Alam sadarku, alam mimpiku; semua milikmu
    Andai kau tahu, rahasia (cinta)ku.”
    Larik-larik di atas buat saya menjadi semacam “inti” dari lagu serta pokok utama yang ingin disampaikan melaluinya. Selain itu, ini juga menjadi bagian favorit saya dalam lagu ini ketika saya mendengarkannya. Saya sangat, sangat, sangat suka dan tersentuh setiap kali bagian lagu ini pertama kali dinyanyikan.

    Bagaimana bagian “inti” ini dibawakan dalam lagu untuk pertama kalinya terasa sangat “kaya” dan “penuh perasaan”; suara Giring terdengar sedikit dilirihkan, minimalis karena hanya diiringi genjrengan gitar di latar belakang, namun hasil akhirnya sama sekali nggak minimal. Saya seolah bisa ikut merasakan betapa tulus dan menggebunya semua perasaan yang dilukiskan dalam lirik-lirik lagu ini, seakan mendesak ingin segera terungkapkan :’).

    Bisa dibilang ini adalah “inti” yang teramu dengan baik, kalau menurut saya; melihat juga dari lirik yang sifatnya seperti bercerita dan menjadikan bagian ter-blockquote tadi sebagai maksud dari semuanya. Bagian ini pun setelahnya diulangi beberapa kali lagi, sampai akhirnya menutup lagu ini.

    Hal lain yang juga saya noted adalah bagaimana lagu ini akhirnya ditutup dengan bagian “inti” tadi, yang untuk terakhir kalinya diulangi namun untuk penutup menjadi sedikit berbeda karena musik pengiringnya serta gaya menyanyinya dibuat “klimaks”, dengan suara drum yang terdengar jelas dan suara falsetto Giring yang dibuat menjadi long note. Lagu ini pun seakan ditutup dengan perasaan penuh semangat dan pengharapan yang entah kenapa membuat saya ingin tersenyum kecil setiap kali sampai pada bagian akhir ini.
    ”…semua milikmu andai kau tahu…
    andai kau tahu… raha-si-a~aku~~~~
    Rahasia aku~~
    …u-u-u~…”
    Well done, NIDJI :D
    Cukup sekian apresiasi yang bisa saya berikan di kesempatan ini~ Salam Aprerisasi!

  2. 2 komentar:

    1. Ila Rizky mengatakan...

      sanctuary itu artinya apa, kak?

    2. K. R. Primawestri mengatakan...

      Halo Ila, pertama-tama etrima kasih sudah datang dan meninggalkan komentanya ya, saya sangat menghargai itu dan senang sekali~

      "sanctuary" kalau dalam terjemahan bahasa Inggris yang paling dekat dengan maksud saya saat menuliskannya adalah "perlindungan" dan "tempat yang ada di dekat altar"--coba dicek lagi di kamus Ila ya hehe

      nah kedua artian kata "sanctuary" ini menyiratkan sesuatu yang "sakral" dan "privat", jadi yang saya maksudkan sebagai "sanctuary of mind" itu seperti semacam tempat yang sangat-sangat "personal" dan "sakral" dalam pikiran kita ;)

      mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terima kasih sudah baca postingan apresiasi saya :)

    Posting Komentar